Sabtu, 14 Januari 2012

SINTUA DI HKBP (8)

2.2  Kelompok II : Berita Pekerjaan Roh Kudu
 Penjelasan Kitab Kisah Para Rasul
    Jika kita telaah isinya, sebenarnya tidak cocok nama kitab ini Kisah para Rasul, sebab lebih banyak menceritakan tentang pekerjaan Roh Kudus. Roh Kudus bekerja melalui para Rasul dan jemaaty mula-mula. Oleh karena itu lebh cocok jika kitab ini dinamai Pekerjaan Roh Kudus. Sebab bukan pekerjaan para Rasul yang mau diberitakan tetapi bagaimana Roh Kudus bekerja sebagai lanjutan dari pekerjaan Tuhan Yesus.
Dalam pasal 1:1-2 jelas bahwa kitab ini adalah lanjutan dari Injil Lukas yang ditulis kira-kira tahun 95. Kitab ini dikirim kepada Teofilus dengan maksud agar dia lebih jelas mengerti penyebaran injil itu.

    Kisah Rasul-rasul  ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut  Yesus -- dengan pimpinan Roh Allah -- menyebarkan Kabar Baik  tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan  sampai ke ujung bumi" (1:8). Buku ini adalah cerita tentang  pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu  meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini  merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang  Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan  Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama  Yahudi.
    Kisah Rasul-rasul  bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu  nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus  disiarkan dan gereja didirikan: (1) permulaan pergerakan Kristen  di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga; (2) perluasan  ke daerah-daerah lain di Palestina; dan (3) perluasan yang lebih  besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh  Roma.
Satu hal yang khas dan penting dalam buku   Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke  atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di  dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini  nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan  menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang  diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini  diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang  dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita  itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan  persaudaraan gereja. 

Isi :
•    Persiapan untuk pemberitaan 1:1-26  
o    Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus 1:1-14
o    Pengganti Yudas 1:15-26
•    Pemberitaan di Yerusalem 2:1--8:3
•    Pemberitaan di Yudea dan Samaria 8:4--12:25
•    Pelayanan Paulus 13:1--28:31
o    Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik 13:1--14:28
o    Musyawarah di Yerusalem 15:1-35
o    Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik 15:36--18:22
o    Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik 18:23--21:16  
o    Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma 21:17--28:31

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar