Senin, 24 September 2012

PESTA GOTILON DAN ULANG TAHUN KE-13 HKBP TIGARQAKSA

MENGUCAP SYUKUR DAN BEKERJA
Dengan mengambil thema “Mengucap Syukur dan Bekerja” yang dikutip dari Mazmur  50:14 : "Persembahkanlah syukur sebagai korban kepada Allah dan bayarlah nazarmu kepada Yang Mahatinggi", HKBP Tigaraksa melaksanakan Pesta Gotilon sekaligus perayaan Ulang Tahun ke-13 pada hari Minggu tanggal 23 September 2012.
Acara tersebut diawali dengan dengan Ibadah Minggu yang dihadiri oleh sekitar 400 jemaat dewasa dan anak-anak Sekolah Minggu. Firman Tuhan dilayani oleh Pdt. Saut Ferdinan Sinaga, STh (saat ini melayani di HKBP Bandar Jaya Lampung sebagai Pendeta Resort). Dalam khotbahnya yang diambil dari Nats Yeremia 11:18-23, Pdt. Saut Sinaga mengatakan bahwa Nabi Yeremia diutus untuk menyampaikan pesan Allah dan nubuat tentang masa depan bangsa Yehuda dan oleh karena nubuat itu Yeremia dibenci bahkan direncanakan untuk dibunuh oleh  bangsa itu sendiri. Bangsa Yehuda tidak siap untuk mendengar nubuat tentang hukuman Allah atas mereka , sehingga mereka lebih menyukai nabi-nabi palsu yang memberitakan hal-hal yang menyenangkan dan enak untuk didengar.  Selanjutnya Pdt. Saut Sinaga mengatakan bahwa umat Allah pada masa itu telah meninggalkan Allah dan mereka mendirikan tempat-tempat penyembahan Dewa Baal bahkan mempersembahkan anak-anak mereka menjadi korban bakaran untuk Dewa Baal, itulah yang menyebabkan murka Allah atas mereka. Belajar dari pengalaman bangsa Yehuda, umat Kristen diajak untuk tidak mendirikan tempat-tempat penyembahan Baal dalam kehidupannya. Selanjutnya Pdt. Saut Sinaga, STh  --yang pernah melayani di HKBP Tigaraksa sejak Tahun 2001-2004-- juga berbagi pengalaman historis ketika beliau masih melayani di HKBP Tigaraksa dan HKBP Resort Perumnas Tangerang.

PS. JERIKHO HKBP PERUMNAS TNG
Acara Ibadah itu sendiri juga diisi dengan persembahan pujian dari undangan yaitu Paduan Suara Jerikho HKBP Perumnas Tangerang.  Lagu koor yang dilantunkan mereka sangat indah didengar dan menjadi berkat bagi seluruh jemaat yang hadir.
Selesai khotbah dilanjutkan dengan acara penyerahan Celengan (yang telah dibagikan sebelumnya kepada para jemaat), dengan diiringi music tortor jemaat dengan sukacita menyerahkan celengannya masing-masing ke depan altar dan diterima oleh Parhalado HKBP Tigaraksa. Acara penyerahan celengan itu sendiri diawali dengan pengantar dari Ketua Panitia Pesta Gotilon 2012 Bapak Tomser Sihombing yang didampingi oleh perwakilan jemaat dari setiap wijk, kemudian disambut oleh Pimpinan Jemaat HKBP Tigaraksa   Pdt. Bintang Siregar, STh. Jumlah Jemaat yang menyerahkan celengannya lebih kurang 110 KK.
Usai penyerahan celengan, selanjutnya Ibadah ditutup oleh Pdt. Saut Sinaga, STh didampingi oleh Pdt. Bintang Siregar, STh (Pimpnan jemaat HKBP Tigaraksa).
St.E br.Siahaan, Pdt. Bintang Siregar dan St. MR br. Munthe
Pdt. Saut F SInaga menerima Ulos

Kemudian acara dilanjutkan dengan Acara Lelang dan Pemotongan Kue Ulang Tahun HKBP Tigaraksa ke-13. Lelang yang dipandu oleh St. B. Marbun, St. L. Sibagariang dan St. SMT Sitorus tersebut mendapat respon yang baik dari para jemaat dan undangan, sehingga dari hasil lelang terkumpul dana sekitar Rp. 17.000.000 (tujuh belas juta rupiah). Pemotongan kue Ulang Tahun dilakukan oleh Pdt. Bintang Siregar, STh yan selanjutnya menyerahkan kue tersebut kepada Pdt. Saut Sinaga, Pdt. Hicler Sitorus (P.S. Jerikho), St. E. br. Siahaan (Pensiun Sintua dari HKBP Tigaraksa), Bpk. D. Sibarani (mewakili ruas ama), Ny. Marbun-br.Simamora (mewakil ruas Ina), Niel Nainggolan (mewakili Naposo), dan utusan anak Sekolah Minggu. HKBP Tigaraksa ditetapkan menjadi Persiapan Huria tepatnya pada tanggal 19 September 1999, awalnya kebaktian dilaksanakan di rumah jemaat dengan jumlah jemaat sekitar 40 KK, kemudian tempat Ibadah pindah ke Ruko Perum PWS Tigaraksa sampai saat ini. 13 tahun sesudahnya HKBP Tigaraksa sudah memiliki 2 unit Ruko dengan jumlah jemaat sebanyak 150 KK atau lebih kurang 550 jiwa.
Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan tanda kasih kepada Pdt. Saut F Sinaga, STh berupa pemberian Ulos sebagai tanda kerinduan jemaat HKBP Tigaraksa setelah berpisah sejak Tahun 2004 dengan beliau. Penyerahan Ulos tersebut didahului dengan ucapan terima kasih, harapan dan doa yang disampaikan oleh Inang St. E.br. Siahaan selaku parhalado yang melayani HKBP Tigaraksa sejak awal berdirinya. Sementara itu, Pdt. Saut Sinaga, STh, dalam sambutannya setelah menerima tanda kasih dari HKBP Tigaraksa menceritakan bagaimana suka dan duka yang dialaminya bersama jemaat HKBP Tigaraksa, khususnya ketika terjadi penutupan gereja pada tahun 2004 di wilayah Perumahan Tigaraksa. Hal tersebut menjadi kesan tersendiri yang tidak bisa dilupakan dan beliau bersyukur bahwa HKBP Tigaraksa terus berkembang hingga saat ini sehingga memiliki jemaat kurang lebih 150 KK atau 550 jemaat. Beliau juga mengundang punguan-punguan koor HKBP Tigaraksa untuk berkunjung ke tempat pelayanan belialu di HKBP Bandar Jaya Lampung.
Pemotongan Kue Ulang Tahun
Acara diakhir dengan makan bersama yang diselingi lelang dan akhirnya ditutup dengan doa oleh Pimpinan Jemaat HKBP Tigaraks Pdt. Bintang Siregar, STh.
SELAMAT MAR-PESTA GOTILON dan SELAMAT ULANG TAHUN KE-13 HKBP TIGARAKSA. SYALOM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar